Minggu, 18 Maret 2012

Milton S. Hershey: Presiden Republik Cokelat

Pemilik dan pendiri cokelat ternama Hershey’s ini nggak cuma dikenal karena keberhasilannya menciptakan kerajaan cokelat tapi juga karena kebesaran hatinya. Milton Snavely Hershey yang lahir di Pennsylvania, 13 September 1857 mewariskan sebuah pabrik cokelat terbesar dan lebih penting lagi sebuah kota dan komunitas yang menampung impian anak-anak.

Cokelat asli kota sendiri 
Karena bekerja di sebuah pabrik permen, Milton pun tertarik untuk membuka bisnisnya sendiri. Sayangnya, usahanya ini nggak berhasil. Akhirnya, dia pun kembali ke kampung halamannya di Pennsylvania dan melakukan banyak eksperimen di sana. Pada usia 36 tahun, dia berhasil mendapatkan 1juta dollar Amerika (sekitar 9 milyar Rupiah) dari penjualan permen karamel dan cokelat ciptaannya selama setahun. Resep keberhasilan permennya ini adalah susu yang berasal dari daerah setempat. Dari sinilah, muncul ide untuk menciptakan milk chocolate terenak.

Berbagi, berbagi, berbagi
Walaupun usaha cokelatnya berkembang pesat dan kekayaannya bertumpuk, pria yang hampir ikut dalam pelayaran di kapal Titanic ini ternyata nggak kemudian lupa diri. Dia tetap memikirkan kehidupan orang-orang di kotanya. Selain membangun kota Hershey dengan rumah-rumah dan transportasi umum yang murah untuk karyawannya, Milton juga membangun banyak fasilitas lainnya seperti Hershey Industrial School. Pria yang meninggal di Hershey Hospital pada usia 88 tahun ini juga menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk yayasan miliknya, yang bertujuan untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak.

Bapak tanpa anak
Meskipun sangat mencintai anak-anak dan dunianya, Milton nggak memiliki anak. Milton menikah dengan Catherine Sweeney pada tahun 1898 tapi sayangnya mereka nggak bisa punya anak. Catherine meninggal dunia 17 tahun setelah pernikahan mereka. Walaupun nggak punya anak, kecintaannya pada dunia anak-anak nggak pernah surut. Selain menyumbangkan asetnya untuk pendidikan anak, Milton juga membangun Hersheypark, sebuah taman rekreasi yang berlokasi di Pennsylvania.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar